Jumat, 01 Mei 2015

Sifat-Sifat Tuhan Yang Wajib Disembah


Pertanyaan: Apa sifat-sifat Allah, Tuhan yang wajib disembah?

Jawab: Sesungguhnya tidak ada Tuhan yang wajib disembah di dunia ini kecuali Allah, satu-satunya Tuhan yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dia Tuhan Yang Maha Esa, yang berhak dimintai segala macam kebutuhan, Penguasa Yang Maha Kuasa, Maha Hidup, Maha Kekal, Maha Dahulu sejak azali dan Maha Kekal selama-lamanya, Maha Mengetahui segala sesuatu, Maha Kuasa atas segala sesuatu, Maha Berbuat apa yang Dia kehendaki dan Maha Menetapkan apa yang Dia kehendaki, tidak ada sesuatu yang menyamai-Nya, Maha Mendengar dan Maha Melihat, Maha Suci Dia dari sesuatu yang menyamai-Nya, menandingi-Nya, dan sekutu dan pembantu, tidak dibatasi oleh ruang maupun waktu, tidak butuh sama sekali kepada segala sesuatu tetapi segala sesuatu selain-Nya pasti membutuhkan-Nya.

Dia-lah yang menciptakan seluruh makhluk beserta aktivitasnya, menetapkan rezki dan ajalnya, menciptakan mati dan hidup, taat dan maksiat, kesehatan dan sakit. Dia menurunkan kitab-kitab suci dan mengutus para rasul untuk memberi petunjuk kepada makhluk karena kasih sayang-Nya kepada mereka, menjanjikan pahala kepada mereka karena anugerah-Nya dan mengancam mereka dengan siksaan karena keadilan-Nya.

Tuhan yang wajib disembah adalah Tuhan yang memiliki sifat-sifat itu seluruhnya, yakni Allah Swt.

Allah Swt berfirman:



هُوَ اللهُ الَّذِيْ لآ اِلَهَ اِلاَّ هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ

"Dia-lah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang." (QS. Al Hasyr: 22)

0 komentar:

Posting Komentar